Pengenalan Jaringan



Apa itu jaringan??? jaringan yaitu suatu alat penghubung atau suatu hal yang menghubungkan satu sama lain sehingga saling terhubung.

Jaringan itu masih terlalu luas. tetapi Yang kita maksud jaringan disini adalah jaringan computer. Jaringan computer dapat terhubung dengan dua cara tanpa kabel dan dengan kabel. Sesuai artinya jaringan dapat menghubungkan computer satu dengan yang lainya yang terhubung dalam suatu jaringan. Bias untuk mencetak melalui printer, bias memantau cctv dan masih banyak yang lainnya .

Didalam jaringan terdapat dua peran yaitu server dan client. Server yaitu pihak yang melayani client . sedangkan client yaitu pihak yang meminta data atau menerima layanan.didalam sebuah jaringan terdapat banyak sekali node . node yaitu computer atau perangkat perangkat yang terhubung dalam jaringan.


Manfaat jaringan computer
1.       Sebagai media sharing
2.       Sebagai media komunikasi yang efektif
3.       Untuk keamanan data
4.       Sebagai integrasi data
Macam macam jaringan computer
1.       Berdasarkan Area
·         LAN (Local Area Network) : suatu jaringan computer yang menghubungkan antar computer dengan jarak yang terbatas
·         MAN (Metropolitan Area Network) : suatu jaringan computer yang menghubungkan antar computer dengan jarak yang lebih luas dari LAN kira kira 10-50 km.
·         WAN (Wide Area Network) : suatu jaringan computer yang menghubungkan antar computer yang mencakup antar benua, Negara dll.
2.       Berdasarkan topologi jaringan
·         Topologi bus
·         Topologi bintang/star
·         Topologi mesh
·         Topologi linier
·         Topologi cincin/token ring
·         Topologi pohon
3.       Berdasarkan hubungan antar computer dalam memproses data
·         Jaringan Client-Server
jaringan yang mempunyai 1 atau beberapa server dan client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
·         Jaringan Peer-to-peer
Dalam jaringan ini tidak ada komputer client ataupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.


4.       Berdasarkan media transmisi data

·         Jaringan Berkabel (Wired Network)
Dalam jaringan ini, penghubungan satu komputer dengan komputer lain menggunakan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

·         Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Kini Sudah banyak sekali computer alat alat yang saling terhubung dalam jaringan .dan yang kini masih berkembang dan paling popular salah satunya yaitu iot. Di dalam iot semua barang disekitar dibuat terhubung dalam suatu jaringan sehingga dia akan otomatis dan saling berinteraksi satu sama lain. Memberi kemudahan dalam hidup manusia , dalam tugas dang penkerjaan manusia.



Penulis : AGIANZA ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengenalan Jaringan ini dipublish oleh AGIANZA pada hari Selasa, 25 Oktober 2016 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengenalan Jaringan
 

0 komentar :